daftar barang yang harus dimiliki saat kelahiran buah hati

10 Daftar Barang yang Harus Disiapkan Sebelum Kelahiran Buah Hati

Selamat untuk kalian para calon orang tua yang sebentar lagi akan memiliki buah hati! Kelahiran bayi merupakan momen yang sangat berharga dan penuh kebahagiaan. Namun, sebelum kebahagiaan itu datang, persiapkan segala kebutuhan bayi terlebih dahulu. Berikut ini adalah 10 daftar barang yang harus disiapkan sebelum kelahiran buah hati.

1. Popok

Popok adalah salah satu kebutuhan pokok bayi yang wajib kamu persiapkan. Ada banyak jenis popok yang tersedia di pasaran, mulai dari popok sekali pakai hingga popok kain. Sebaiknya kamu menyiapkan beberapa pak popok sekaligus untuk persiapan beberapa minggu ke depan. Pastikan juga kamu memiliki ukuran yang sesuai dengan berat bayi yang akan lahir.

2. Baju Bayi

Baju bayi juga merupakan kebutuhan pokok yang harus disiapkan sebelum kelahiran. Pastikan kamu menyiapkan beberapa set baju bayi dengan ukuran yang berbeda untuk mengantisipasi pertumbuhan bayi. Pilih bahan yang nyaman dan mudah digunakan agar bayi merasa nyaman.

3. Tempat Tidur Bayi

Bayi perlu tidur yang nyaman dan aman. Kamu bisa memilih ranjang bayi atau tempat tidur lipat yang bisa kamu pindahkan ke ruangan lain jika diperlukan. Pastikan kamu juga memiliki bantal dan guling yang nyaman untuk menemani tidur bayi.

4. Susu dan Botol Susu

Jika kamu merencanakan memberikan susu formula kepada bayi, persiapkan beberapa botol susu dan susu formula untuk persiapan beberapa minggu ke depan. Pastikan kamu memilih botol susu yang aman dan mudah dibersihkan.

5. Sterilizer Botol Susu

Untuk menjaga kebersihan botol susu, kamu juga memerlukan sterilizer botol susu. Sterilizer botol susu berguna untuk membunuh kuman dan bakteri yang mungkin ada di botol susu, sehingga aman untuk digunakan oleh bayi.

6. Pakaian Bayi

Pakaian bayi termasuk kebutuhan yang penting untuk dipersiapkan sebelum kelahiran. Selain baju bayi, kamu juga perlu mempersiapkan pakaian dalam, kaos kaki, sarung tangan, dan topi bayi untuk melindungi bayi dari cuaca yang dingin.

7. Selimut Bayi

Selimut bayi digunakan untuk menutupi bayi saat tidur atau ketika berada di luar ruangan. Pilih selimut yang nyaman dan hangat agar bayi tidak kedinginan.

8. Alas Bedong

Alas bedong berguna untuk menghindari bayi terjepit di antarakasur atau ranjang. Pilih alas bedong yang sesuai dengan ukuran tempat tidur bayi kamu dan pastikan bahan yang digunakan nyaman dan tidak membuat bayi merasa panas.

9. Kursi Mobil Bayi

Jika kamu memiliki mobil, persiapkan juga kursi mobil bayi untuk membawa bayi pergi ke tempat lain. Pastikan kursi mobil bayi yang kamu pilih aman dan nyaman untuk bayi.

10. Perlengkapan Mandi

Setelah bayi lahir, kamu juga memerlukan perlengkapan mandi bayi seperti sabun mandi, shampoo bayi, handuk bayi, dan sikat gigi bayi. Pastikan perlengkapan mandi yang kamu pilih aman dan mudah digunakan agar bayi merasa nyaman saat mandi.

11. Thermometer Bayi

Thermometer bayi berguna untuk memeriksa suhu tubuh bayi jika bayi terlihat tidak sehat. Pastikan thermometer bayi yang kamu pilih akurat dan mudah digunakan.

12. Lampu Malam

Bayi perlu makan dan tidur di malam hari. Persiapkan lampu malam untuk membantu kamu merawat bayi saat malam hari. Pilih lampu malam yang tidak terlalu terang agar tidak mengganggu tidur bayi.

13. Popok Kain dan Pelindung Popok

Popok kain bisa menjadi alternatif jika kamu ingin mengurangi penggunaan popok sekali pakai. Selain itu, kamu juga memerlukan pelindung popok untuk menjaga agar pakaian bayi tetap bersih dari kotoran popok.

14. Stroller

Stroller berguna untuk membawa bayi pergi ke tempat-tempat tertentu seperti taman atau pusat perbelanjaan. Pastikan stroller yang kamu pilih aman dan nyaman untuk bayi.

15. Lampiran Stroller

Beberapa stroller dilengkapi dengan lampiran seperti keranjang belanja atau tempat minum. Pastikan stroller yang kamu pilih sesuai dengan kebutuhanmu dan bayi.

16. Pembalut Menstruasi

Setelah melahirkan, kamu akan mengalami pendarahan seperti menstruasi. Persiapkan pembalut menstruasi yang cukup untuk beberapa minggu ke depan.

17. Kamera atau Ponsel dengan Kamera

Bayi tumbuh sangat cepat dan momen-momen tersebut tidak bisa diulang. Persiapkan kamera atau ponsel dengan kamera untuk mengabadikan momen-momen indah bersama bayi.

18. Obat-obatan dan Vitamin untuk Ibu dan Bayi

Setelah melahirkan, kamu mungkin memerlukan obat-obatan untuk mengatasi rasa sakit atau memulihkan kondisi tubuhmu. Pastikan kamu juga memeriksa dengan dokter untuk mengetahui vitamin atau suplemen yang diperlukan untuk membantu bayi dan tubuhmu pulihsetelah melahirkan.

19. Snack dan Minuman Ringan

Selama proses persalinan dan beberapa hari setelah melahirkan, kamu mungkin merasa lapar atau haus. Persiapkan snack dan minuman ringan untuk mengatasi rasa lapar atau haus saat kamu tidak bisa keluar dari ruangan.

20. Baju Bayi

Terakhir, persiapkan baju bayi yang cukup untuk beberapa minggu ke depan. Pilih baju bayi yang nyaman dan mudah digunakan agar kamu bisa dengan mudah mengganti pakaian bayi saat dibutuhkan.

Kesimpulan

Menjelang kelahiran bayi, persiapan yang matang sangat penting dilakukan agar kamu tidak kebingungan saat bayi sudah lahir. Persiapkanlah perlengkapan bayi seperti pakaian, popok, perlengkapan mandi, dan tempat tidur bayi. Selain itu, kamu juga perlu mempersiapkan perlengkapan untuk dirimu sendiri seperti pembalut menstruasi dan obat-obatan yang diperlukan. Jangan lupa untuk mengabadikan momen-momen indah bersama bayi dengan menggunakan kamera atau ponsel dengan kamera. Semoga artikel ini bermanfaat dan selamat menjalani masa-masa kehamilan dan persiapan sebelum kelahiran bayi.

Sampai jumpa kembali di artikel lainnya!

About administrator

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Enable Notifications OK No thanks