Api Kompor Merah
freepik.com

Penyebab Api Kompor Merah dan Cara untuk Mengatasinya

Warna api kompor merah bisa saja menjadi pertanda bahwa kompor sedang mengalami masalah. Terdapat berbagai faktor yang menyebabkan warna api kompor gas merah yang terkadang muncul dengan tiba-tiba.

Memasak memakai kompor gas merupakan cara yang praktis yang bisa memberikan perpindahan panas efisien yang tepat dengan kontrol panas. Hal tersebut tentunya tidak seperti kompor minyak ataupun kayu bakar.

Umumnya, api yang kompor gas keluarkan merupakan warna biru serta sesekali terdapat percikan api merah. Pasalnya api warna biru dipercaya menjadi pengapian yang paling baik dengan suhu paling tinggi.

Akan tetapi, jika kompor gas dirumah mengeluarkan warna merah. Maka terjadi suatu hal yang bermasalah. Sehingga, bisa saja berefek terhadap proses memasak.

Mengutip dari banyak sumber, merahnya api kompor merupakan jenis api yang memiliki suhu panas paling rendah daripada jenis api biru. Walaupun dikategorikan jenis api yang memiliki suhu rendah. Namun api merah tetap saja bisa membakar apapun, akan tetapi pembakarannya kurang sempurna.

Lantas apa saja yang menjadi penyebabnya serta bagaimana cara untuk mengatasi masalah tersebut?

Api Kompor Merah
freepik.com

Penyebab Api Kompor Merah

Umumnya, api yang dikeluarkan oleh kompor gas berwarna biru dengan percikan api warna merah yang sedikit. Dengan api berwarna biru, sering disebut sebagai pengapian terbaik dengan suhu tinggi yang maksimal. Apabila kompor gas apinya berwarna merah, bisa saja terdapat masalah yang terjadi di kompor gas Anda.

Kotoran Pada Corong Api

Kompor gas yang jarang sekali Anda bersihkan bisa membuat kotoran akan semakin menumpuk serta bisa menimbulkan kerak. Biasanya kotoran yang menumpuk bisa dikarenakan adanya sisa-sisa bahan makanan yang tercecer atau percikan minyak goreng ketika proses memasak dilakukan.

Artikel Terkait  Cara Agar Kompor Gas Irit, Ikuti 7 Langkah Mudahnya!

Kotoran yang ada di corong api, pada akhirnya bisa menimbulkan hidrokarbon yang tinggi. Nah itulah mengapa kompor gas menghasilkan api kompor merah. Bukan hanya itu, apabila bagian seperti sprayer kompor jika kotor juga bisa mengakibatkan apinya berwarna merah.

Kadar Hidrokarbon Tinggi

Nyala api yang warna merah menunjukkan bahwa jenis apa memiliki suhu panas yang rendah apabila dibandingkan dengan warna biru, kuning, serta jingga. Suhu untuk api dengan warna merah saat berada di bawah 1000 derajat Celcius. Akan tetapi, tetap saja yang namanya api bisa saja membakar apapun itu.

Keadaan api kompor merah dapat menjadi pertanda bahwa kadar hidrokarbon yang berada dalam tabung gas cukup tinggi. Hal itu dikarenakan sejumlah faktor. Misalnya saja kotoran atau kerak yang ada di burner atau corong api. Terlebih jika kotoran lama tidak Anda bersihkan. Sehingga bisa menimbulkan kerak.

Gas Mulai Habis

Salah satu pertanda ketika gas tabung elpiji akan mulai habis biasanya ditunjukkan dengan warna api merah pada kompor gas. Maka dari itu, Anda dapat mencoba mengecek gas yang terdapat di tabung masih ada atau tidaknya dengan melihat tanda di regulator. Atau bisa juga dengan mendengarkan apakah ada suara mendesis.

Apabila tabung asa memang akan habis, maka Anda dapat dengan segera menyiapkan tabung gas cadangan. Hal itu bertujuan supaya tidak panik ketika sedang proses memasak kemudian tabung gas benar-benar serta tidak ada cadangan tabung gas lainnya yang dapat dipasang dengan segera.

Cara Mengatasi Api Kompor Gas Merah

Untuk cara pertama yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi warna api kompor merah yaitu dengan membersihkan kotoran serta kerak yang ada pada sprayer serta tungku kompor. Anda dapat memakai sabun pembersih, supaya kotoran yang membandel seperti kerak yang menempel bisa Anda bersihkan dengan mudah.

Artikel Terkait  Cara Memasang Gas Elpiji yang Susah Menyala, Ada 6 Tips Mudah

Apabila sudah bersih, maka Anda bisa keringkan burner serta kompor sebelum Anda memasangnya kembali. Jika keadaannya masih lembab serta basah, maka api pada kompor tidak bisa menyala. Anda dapat membersihkan kompor dengan berkala supaya lebih awet serta tidak terdapat kotoran seperti kerak yang akan menempel.

Kompor gas yang telah bersih bukan hanya bisa berpengaruh terhadap nyala api supaya normal. Akan tetapi, kompor yang bersih juga bisa membuat dapur Anda menjadi enak dilihat. Bahkan Anda akan memasak makanan dengan lebih nyaman.

Setelah Anda mengetahui apa yang menjadi penyebab api kompor merah. Maka Anda bisa lebih mudah dalam mengatasinya sesuai dengan faktor apa yang menjadi penyebabnya. Anda bisa melakukan secara hati-hati supaya tidak terkena api atau menimbulkan kebakaran di rumah Anda.

About administrator

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Enable Notifications OK No thanks