Cara Memasang Klem Selang Gas
joshsgasandplumbing.com.au

Cara Memasang Klem Selang Gas dengan Tepat, Ikuti Langkah Berikut

Cara memasang klem selang gas penting dipahami demi keamanan dalam penggunaan kompor gas. Seperti yang kita tahu bahwa klem selang (clamp) merupakan salah satu komponen penting pada regulator kompor gas.

Komponen ini berfungsi untuk mengaitkan atau menyambungkan antara tabung elpiji ke regulator. Dengan pemasangan klem selang gas secara tepat dapat menghindarkan terjadinya kebocoran pada gas.

Cara Memasang Klem Selang Gas
joshsgasandplumbing.com.au

Cara Memasang Klem Selang Gas dengan Tepat

Kompor gas benar-benar membantu dalam aktivitas memasak di berbagai kalangan masyarakat. Terutama untuk membuat api sebagai media untuk mematangkan suatu masakan.

Hanya dengan memutar knop, maka kompor gas akan dengan cepat menyalakan api. Namun dalam hal ini, masyarakat tetap harus berhati-hati dalam penggunaan kompor gas.

Pasalnya, di balik kepraktisan tersebut, kompor gas memiliki potensi bahaya yang cukup besar. Seperti yang kita tahu, kompor gas mempunyai resiko mengalami kebocoran yang dapat memicu terjadinya ledakan hingga kebakaran.

Sebelum menggunakan kompor gas, maka Anda harus merangkainya terlebih dahulu dengan selang serta regulator sebagai pelengkapnya. Selang memiliki fungsi sebagai media penghantar gas dari tabung menuju burner pada kompor gas.

Sedangkan untuk regulator berfungsi untuk menyedot gas yang berasal dari dalam tabung. Dengan demikian, Anda harus memasang selang dan regulator dengan baik dan benar.

Sehingga kompor gas tetap aman saat digunakan. Dalam penggunaan selang kompor gas, terdapat suatu komponen penting yang harus Anda perhatikan.

Komponen tersebut bernama klem yang berfungsi pengikat selang untuk menjaga sambungan agar tidak mudah lepas. Lalu bagaimanakah cara memasang klem gas agar tetap aman saat dipergunakan?

Artikel Terkait  Cara Merawat Kompor Listrik Secara Rutin Agar Tetap Berfungsi Optimal

Penyambungan Selang dan Regulator

Menyambungkan gas elpiji merupakan suatu hal yang cukup riskan. Dalam hal ini Anda harus berhati-hati dalam menyambungkan pipa dan ujung selang.

Langkah penting pertama sebelum memasang klem pada selang gas adalah menyambungkan selang dengan regulatornya lebih dahulu.

Kemudian selang tersebut dapat Anda sambungkan ke kompor gas. Selanjutnya, sebelum memasukkan klem pada masing-masing ujung selang, Anda tidak perlu mengunci atau melonggarkan klem terlebih dahulu. Hal ini karena posisi klem tersebut masih harus Anda atur kembali.

Dalam proses ini, cara memasang klem selang gas secara tepat adalah dengan memasangkan selang ke regulator dengan memasukkan salah satu ujung selang tepat pada saluran lubang keluar pada regulator.

Dalam hal ini, pastikan selang terpasang dengan kuat pada regulator, tidak goyang ataupun mudah lepas. Caranya dengan menekan komponen secara perlahan supaya dapat tersambung dengan sempurna. Sebab jika tidak dapat dikhawatirkan akan terjadi kebocoran pada gas LPG yang Anda gunakan.

Atur Posisi Klem Selang

Langkah berikutnya adalah dengan mengatur posisi klem yang terletak pada ujung selang yang terhubung dengan regulator. Atur posisi klem pada selang dengan tepat berada pada atas saluran lubang keluar pada regulator.

Selanjutnya, Anda dapat mengencangkan klem dengan menggunakan obeng. Dengan posisi klem yang kencang dan tepat, maka hubungan antara selang dengan regulator pun dapat terkunci dengan baik.

Hubungkan Selang ke Kompor Gas

Setelah mengikuti cara memasang klem selang gas dengan benar, maka selanjutnya Anda dapat menghubungkan antara selang dengan kompor gas. Anda bisa memasang selang melalui saluran masuk gas pada kompor.

Masukkan selang ke saluran tersebut hingga cukup dalam dan mendapatkan posisi yang stabil. Dalam hal ini mungkin Anda perlu sedikit mendorong selang agar saluran gas pada kompor dapat masuk ke dalamnya.

Artikel Terkait  Cara Merawat Kompor Tanam, Lakukan 5 Hal Penting

Hal ini karena diameter dalam selang memiliki ukuran yang lebih kecil dibandingkan dengan ukuran diameter saluran gas pada kompor. Sama seperti ujung selang yang tersambung pada regulator, ujung selang yang tersambung dengan saluran gas pada kompor wajib Anda ikat dengan menggunakan klem.

Di sini Anda juga perlu mengatur klem terlebih dahulu dengan tepat. Selanjutnya kencangkan klem hingga dapat mengunci ujung selang dengan lebih kencang.

Selain memperhatikan cara memasang klem selang dengan benar, Anda juga perlu melakukan pengecekan pada dua ujung selang apakah keduanya telah terhubung erat dengan regulator dan kompor gas. Pengecekan dapat Anda lakukan dengan cara menggoyang-goyangkan kedua ujung selang untuk memastikan apakah posisinya sudah stabil. Barulah Anda dapat memasangkan regulator ke tabung gas.

About administrator

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Enable Notifications OK No thanks