Cara Merawat Kompor Tanam
pexels.com

Cara Merawat Kompor Tanam, Lakukan 5 Hal Penting

Cara merawat kompor tanam perlu Anda lakukan melalui beberapa tahapan. Kompor tanam adalah satu jenis kompor yang banyak dipilih saat ini. Jika Anda ingin tetap awet, maka lakukan perawatan dengan benar.

Saat memasak, memang ada kalanya terkena cipratan kuah masakan. Terlebih jika kuah masakan mengandung minyak akan membuat kotor kompor Anda. Untuk itu, perlu bersihkan kompor Anda secara rutin sehingga tidak menjadi sarang kuman dan bakteri. Cara merawat jenis kompor ini juga tidak terlalu sulit.

Cara Merawat Kompor Tanam
pexels.com

5 Cara Merawat Kompor Tanam Mudah Dipahami

Bentuk kompor ini yang ditanam ke meja dapur, justru sering kali membuat banyak orang kebingungan untuk merawatnya saat terkena noda. Ternyata membersihkan kompor jenis ini juga tidak sesulit perkiraan Anda. Berikut ini adalah langkahnya.

Persiapkan Bahan Pembersih

Anda perlu siapkan bahan pembersih dan alat pendukungnya terlebih dahulu. Mulai dari sikat untuk menggosok serta lap bersih untuk mengeringkan kompor. Selain itu, serabut aluminium jika noda kerak bersembunyi pada celah sempit. Selanjutnya, perlu pilih bahan pembersih yang ingin Anda gunakan. Anda bisa menggunakan soda kue, cuka, lemon, dan hidrogen peroksida. 

Kandungan sodium bikarbonat atau natrium hidrogen karbonat pada soda kue yang akan merontokan noda. Cuka dan lemon juga mengandung asam asetat yang tinggi. Karat bisa rontok jika menggunakan bahan tersebut. Sementara itu, hidrogen peroksida biasanya digunakan pada bahan besi dan keramik. Penggunaan bahan alami banyak dipilih dengan alasan aman dan mudah diperoleh.

Artikel Terkait  Rekomendasi Kompor Tanam Hemat Gas yang Terbaik!

Lepaskan Regulator dan Tungku

Cara merawat kompor tanam lainnya memperhatikan bagian regulator dan tungku tetap bersih. Jika menggunakan kompor gas, Anda akan menemukan komponen regulator. Bagian tungku juga mudah sekali kotor karena seringkali bersinggungan langsung dengan api. Lama kelamaan tungku akan berwarna hitam, berminyak serta lengket.

Jika tidak Anda bersihkan, bahkan berisiko memicu kobaran api. Untuk membersihkan kedua komponen tersebut, akan lebih baik lepaskan dari kompor. Cara membongkar tungkunya mudah sebab tidak dilekatkan secara permanen.

Bersihkan Bagian Stainless Steel dan Kaca

Untuk membersihkan kompor tanam model gas yakni dengan merendam bagian regulator dan tungkunya dulu. Anda bisa merendamnya ke dalam larutan sabun atau lemon. Kemudian diamkan beberapa menit hingga minyak ataupun noda lainnya akan luruh. Sementara itu, kompor induksi atau listrik biasanya tidak memiliki tungku. Pada bagian permukaannya tampak datar. Bahannya yang terbuat dari stainless steel, anti karat dan menggunakan kaca.

Cara merawat kompor tanam perlu membersihkan bagian ini dengan lap bersih. Caranya siapkan baking soda yang dilarutkan dalam air, lalu masukan ke botol semprot. Setelah itu,  semprotkan cairan tersebut pada beberapa titik. Usap dengan gerakan memutar dengan lap sampai bersih. Jika noda tak kunjung hilang, Anda bisa tambahkan bahan pembersih yang lainnya.

Sikat Bagian Burner

Burner merupakan bagian lingkaran yang dikelilingi dengan lubang kecil. Posisinya ada di tengah-tengah tungku serta berguna untuk mengeluarkan api. Jika kompor sering Anda gunakan, maka bagian burner bisa cepat menghitam.

Inti kompor memang dianggap sangat penting. Sehingga bersihkan dengan hati-hati agar tidak ada debu. Sikat bagian permukaan burner menggunakan sikat gigi yang kering. Untuk membersihkan lubang burner, akan lebih baik menggunakan kawat atau peniti saat terlihat ada debu yang menyumbat. Pastikan agar tidak ada kotoran yang masih tertinggal.

Artikel Terkait  7 Cara Membersihkan Kerak Kompor, Kinclong Seketika!

Pasang Kembali Komponen

Jika sudah bersih semua, baik burner, permukaan kompor, regulator dan tungku hanya perlu memasangnya kembali. Sebaiknya pasang burner terlebih dahulu pada bagian tengah tungku. Selanjutnya, pasang tungku seperti semula serta kembalikan regulator pada asalnya. Pastikan saat regulator terpasang tidak muncul suara gas. Jika muncul suara gas, maka segera lepas selang dan cek bagian tabung gas.

Penting bagi Anda untuk selalu melakukan perawatan berkala dan bijak dalam menggunakan kompor tanam. Sebaiknya hindari membersihkan area berkerak menggunakan benda tajam. Jika banyak noda pada kompor maka segera bersihkan. Anda bisa menggunakan tisu dapur untuk membersihkan nodanya sesegera mungkin.

Dengan menerapkan cara merawat kompor tanam yang benar, maka hasilnya akan maksimal. Kebiasaan ini juga akan mengurangi hadirnya serangga di area dapur Anda.

About administrator

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Enable Notifications OK No thanks