Fungsi Api Lilin pada Kompor Gas
Youtube.com

Fungsi Api Lilin pada Kompor Gas dalam Memasak di Dapur

Salah satu perkakas wajib di dalam dapur adalah kompor gas. Perkakas ini memiliki fungsi sebagai alat untuk memasak dengan cara menghangatkan makanan tersebut hingga berada pada tingkat kematangan tertentu. Salah satu faktor dari tingkat kematangan adalah jenis api yang Anda gunakan. Seperti api lilin dan fungsi api lilin pada kompor gas itu sendiri. 

Kompor gas ini cara kerjanya bisa memanaskan masakan. Sumber gasnya berasal dari tekanan tabung gas yang terbuka dan aliran gas akan mengalir lalu masuk ke dalam saluran. Kemudian gas akan keluar dari spuyer menuju rongga tungku kompor. Dari cara kerja ini membuat kegiatan memasak dengan kompor gas lebih efektif, cepat, dan efisien. 

Fungsi Api Lilin pada Kompor Gas dalam Memasak di Dapur
Youtube.com

Fungsi Api Lilin pada Kompor Gas dalam Memasak di Dapur

Kompor gas sendiri terdiri dari beberapa jenis dan bentuk. Contohnya seperti kompor free standing, kompor portable dan kompor tanam. Memiliki fungsi utama yang sama, yakni untuk memasak dan menghangatkan makanan. Fitur yang setiap kompor memiliki perbedaan. Oleh sebab itu, Anda perlu memperhatikan tips memilih kompor gas yang sesuai dengan kebutuhan. 

Pada setiap kompor tipe burner atau kepala tungku nya juga berbeda-beda, tipe burner ini ada yang memiliki fungsi untuk menghangatkan makanan. Ada pula yang memiliki kekuatan api besar, hal ini juga membuat tingkat ekonomisnya berbeda. Setiap burner memiliki kekuatan yang berbeda, baik dari segi api, waktu untuk memasak, kadar pengeluaran asap, hingga pemakaian gasnya. 

Burner ini juga memiliki tipe dan ukuran berbeda-beda, nantinya ukuran dan jumlah ring burner akan mempengaruhi waktu memasak. Semakin banyak jumlah ring burner, maka waktu yang Anda butuhkan untuk memasak menjadi lebih cepat. Sementara itu, semakin kecil ukuran burner kekuatan api yang akan dihasilkan semakin kecil. 

Artikel Terkait  Cara Agar Kompor Gas Irit, Ikuti 7 Langkah Mudahnya!

Berikut ini Anda akan mengenal berbagai jenis api kompor gas beserta fungsinya, terutama fungsi api lilin pada kompor gas. 

Api Lilin

Api lilin pada kompor gas ini juga bisa Anda sebut sebagai simmer flame. Tipe api lilin merupakan jenis api yang nyalanya kecil. Fungsi api lilin pada kompor gas adalah untuk menghangatkan makanan. Jenis api ini juga bisa Anda gunakan ketika memasak yang membutuhkan api kecil. 

Api Matahari 

Api matahari ini juga biasa dikenal dengan sun burner. Bentuk dari jenis api ini cantik dengan warna lebih biru. Jenis api ini memiliki gas buang rendah dan juga lebih efisien. 

Api Ekonomis

Api jenis ini memiliki nama lain yakni small burner. Jenis api ini memiliki lidah api yang tinggi sehingga dapat menghemat gas dan efisien. 

Api Besar 

Api besar atau burner big yang merupakan nyala api besar sehingga bisa membuat masakan menjadi lebih cepat matang. Dengan demikian, burner big ini akan membantu menghemat waktu dalam memasak. 

Pada beberapa jenis kompor dengan jenis api besar, juga terdapat api lilin yang memiliki fungsi untuk menghangatkan makanan. Sehingga terdapat dua metode memasak dalam satu kompor yang semakin memudahkan penggunanya. 

Api Tornado 

Sama seperti tipe api matahari atau sun burner, api tornado ini memiliki bentuk yang cantik dan warna api lebih ke biru. Api yang keluar dari dalam burner lebih fokus, hal ini akan sangat bermanfaat karena menghemat penggunaan gas. 

Seperti halnya pada api besar, sejumlah kompor dengan jenis api ini memiliki api lilin juga. Fungsi api lilin pada kompor gas adalah untuk menghangatkan makanan atau memasak masakan yang membutuhkan api kecil. 

Artikel Terkait  5 Cara Menggunakan Kompor Listrik Advance dengan Mudah

Api Turbo

Jenis api terakhir ada api turbo yang memiliki nyala api paling besar dibandingkan dengan nyala api yang lainnya. Sehingga api turbo ini cocok untuk Anda yang ingin aktifitas memasak menjadi lebih cepat selesai dan makanan cepat matang. 

Tidak kalah dengan api besar dan api tornado yang terdapat api lilin di dalamnya, api turbo ini juga memiliki api lilin. Api ini memiliki bisa Anda gunakan saat menginginkannya. 

Itulah beberapa jenis api kompor gas termasuk api lilin. Fungsi api lilin pada kompor gas ini untuk menghangatkan makanan atau juga bisa untuk memasak makanan yang membutuhkan api kecil. Sehingga saat memilih kompor hal ini juga harus menjadi perhatian. Semoga membantu. 

About administrator

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Enable Notifications OK No thanks