Komponen Kompor Gas dan Fungsinya
pixabay.com

Komponen Kompor Gas dan Fungsinya yang Perlu Anda Tahu

Komponen kompor gas dan fungsinya harus kita ketahui. Mengapa harus kita ketahui? Karena saat ini hampir setiap dapur pasti memiliki kompor gas.

Untuk itu, kita harus mengetahui komponen dari kompor gas beserta fungsinya. Dengan mengetahuinya kita bisa paham ketika ada masalah pada kompor gas. Kita hanya perlu mengetahui masalahnya dan mengaitkan dengan komponen yang terkait.

Dengan begitu pastinya akan lebih menguntungkan kita karena tidak perlu mencari teknisi kompor. Setidaknya ketika harus memanggil teknisi pun kita tidak akan mudah tertipu dengan oknum teknisi yang nakal.

Komponen Kompor Gas dan Fungsinya
pixabay.com

Inilah Komponen Kompor Gas dan Fungsinya

Kompor gas sudah menjadi salah satu perabot yang ‘wajib’ ada di dapur. Walaupun saat ini sudah ada kompor listrik, kompor gas tetap menjadi pilihan bagi banyak orang.  Namun, tidak sedikit pula yang mengalami masalah terkait kompor gas ini.

Salah satu masalahnya adalah gas yang meledak. Penyebab dari gas meledak bisa dari gasnya itu sendiri atau ada masalah dengan kompor yang digunakan. Untuk itu sangat penting untuk mengetahui komponen dari kompor sekaligus dengan fungsinya.

Komponen kompor gas bermacam-macam jenisnya dan juga memiliki fungsi masing-masing. Berikut ini adalah komponen kompor gas dan fungsinya.

Body Kompor

Komponen pertama pastinya body kompor. Fungsi dari komponen yang satu ini adalah sebagai penyangga serta pelindung dari komponen kompor yang lainnya.

Front Panel

Front panel adalah bagian depan dari body kompor. Biasanya komponen ini berfungsi sebagai tatakan untuk knop atau juga berisi informasi tentang kompor.

Artikel Terkait  Kompor Gas Rinnai 2 Tungku Pilihan Terbaik Keluarga!

Top Plate

Top plate merupakan bagian atas dari kompor. Biasanya berbahan stainless, anti gores, hingga tempered glass. Fungsi dari top plate ini juga digunakan untuk melindungi komponen utama lainnya.

Pan Support

Komponen ini adalah tatakan yang ada pada kompor gas, di mana fungsinya untuk menyangga panci atau alat masak lainnya. Tatakan ini biasanya bisa di lepas pasang dengan mudah hingga mudah dibersihkan ataupun diganti.

Burner

Burner adalah komponen yang mempertemukan udara dengan gas sehingga bisa menyebabkan nyala api. Komponen ini memiliki dua bagian yakni head dan body. Head berperan sebagai tutup tungku dan Body berfungsi sebagai tempat bercampurnya udara dan gas

Simmer Burner

Komponen ini biasanya berada di tengah-tengah burner. Fungsinya untuk mengeluarkan api lilin yakni api kecil yang biasa untuk menghangatkan makanan. Namun, tidak semua kompor memiliki komponen yang satu ini.

Grilling Burner

Komponen ini biasanya digunakan sebagai pemanggang. Namun, hanya sebagian kecil kompor yang memiliki alat ini. Dalam kata lain tidak semua kompor memiliki alat atau komponen yang satu ini.

Sealed Burner

Komponen ini adalah pengunci yang ada pada kompor tanam. Yakni untuk mencegah kotoran masuk ke dalam kompor. Mengingat kompor tanam memang tidak bisa dipindah-pindah.

Pemantik Api

Komponen kompor gas dan fungsinya harus kita ketahui. Pemantik api ini salah satunya. Seperti namanya komponen yang satu ini berfungsi sebagai pemantik api lebih detailnya alat ini adalah penghubung gas ke burner.

Knop

Knop ini biasanya berada pada bagian depan kompor. Alat ini berfungsi sebagai gagang untuk menyalakan api atau memantik api. Namun, ada juga knop yang berada di bagian atas kompor.

Artikel Terkait  Fungsi Baterai pada Kompor Tanam untuk Anda Ketahui

Rubber Leg

Komponen kompor gas yang perlu kita ketahui selanjutnya adalah rubber leg. Komponen ini berfungsi sebagai penyangga body kompor. Dengan adanya komponen ini kompor akan anteng atau tidak mudah geser.

Komponen ini mungkin terdengar sepele namun jika tidak ada pastinya akan sangat menyulitkan ketika kita memasak. Saat sedang menggoreng lalu kompor bergeser akan membuat kita kesulitan bahkan bisa membahayakan.

Komponen kompor gas dan fungsinya di atas bisa Anda jadikan sebagai penambah pengetahuan Anda terkait dengan kompor gas. Jika dilihat sekilas mungkin kompor gas sangat sederhana namun jika ditilik lebih dalam kompor gas memiliki banyak komponen yang masing-masing memiliki fungsi yang penting.

Komponen kompor gas dan fungsinya memang cukup penting untuk kita ketahui. Bukan hanya digunakan untuk mengetahui masalah yang ada pada kompor gas namun juga bisa membuat kita lebih mudah untuk membeli komponen ketika mengetahui nama-nama komponennya.

About administrator

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Enable Notifications OK No thanks