kompor gas bunyi mendesis
pixabay.com

Cara Praktis Mengatasi Kompor Gas Bunyi Mendesis

Kompor gas bunyi mendesis biasanya disebabkan karena tabung gas yang sedang bermasalah atau bocor. Terkadang hal tersebut selalu saja membuat kita panik dan berpikir bahwa gas tersebut akan meledak. Namun, hal penting yang perlu kita lakukan yaitu harus tenang dan mengambil langkah untuk mengatasinya. Nah, untuk mengatasi hal masalah tersebut, kamu dapat melakukan beberapa cara sebagai berikut ini.

kompor gas bunyi mendesis
pixabay.com

Cara Mengatasi Kompor Gas Bunyi Mendesis

Seperti yang sudah dijelaskan penyebab utama kompor gas berbunyi mendesis itu karena kebocoran pada tabung. Biasanya tabung gas yang bocor itu biasanya karena seal karet yang elastisnya berkurang. Selain itu, titik paling rawan terjadi kebocoran gas itu terletak pada sambungan antara regulator serta mulut gas.

Untuk menghadapi hal tersebut, tentunya kita jangan panik, namun juga perlu waspada. Nah, berikut ini ada beberapa upaya untuk mengatasi masalah tersebut.

1. Jauhkan dari Kontak Listrik Serta Api

Hal pertama yang perlu kamu lakukan untuk mengatasi tabung gas mengalami kebocoran yaitu dengan menjauhkan segala kontak listrik. Pastikan kamu juga tidak menyalakan api di dekat tabung gas tersebut. Sebab, kontak listrik maupun api bisa saja memicu timbulnya gas yang nantinya akan menyebabkan kebakaran.

2. Beri Seal Karet Tambahan

Suara mendesis juga disebabkan karena karet seal yang ada di mulut tabung kurang tebal. Maka dari itu, kamu perlu menambahkan seal karet tambahan lagi untuk mengatasinya. Nah, untuk langkah-langkahnya kamu dapat memperhatikan berikut ini.

  1. Pertama-tama, silahkan lepas regulator gas terlebih dahulu, lalu lepaskan seal karet yang terpasang menggunakan pinset.
  2. Apabila sudah, Potong seal karet yang baru dengan ukuran kira-kira 1/4 bagian.
  3. Setelah itu, masukkan potongan seal karet ke dalam, lalu masukkan kembali seal bawaan yang sebelumnya kamu lepas tadi.
  4. Dan yang terakhir pasang kembali regulatornya. Apabila suara mendesis pada kompor sudah hilang, artinya gas sudah aman untuk digunakan kembali.
Artikel Terkait  5 Pilihan Tabir Surya Terbaik untuk Perlindungan Matahari dan Perawatan Kulit Terbaik 2024

3. Rendam Seal Karet ke Dalam Air

Biasanya seal karet yang sudah mengeras juga menjadi pemicu terjadinya kebocoran pada tabung gas. Untuk membuatnya lebih elastis lagi, kamu cukup merendamnya di dalam air.

Nah, karena seal karet masih ada di dalam mulut tabung gas, maka kamu perlu melepasnya terlebih dahulu. Setelah berhasil terlepas, kamu bisa langsung merendamnya ke dalam air, lalu tunggu hingga beberapa saat. Jika seal karet sudah tidak mengeras lagi, kamu bisa memindahkannya ke tempat yang kering, lalu pasangkan kembali ke mulut tabung gas tersebut.

Bilaman sudah terpasang kembali, kamu bisa mencoba menyalakan kompor lagi, apakah masih memunculkan suara berdesis atau tidak. Jika sudah tidak, berarti tabung gas tersebut sudah tidak bocor lagi. Namun, cara ini dapat berhasil atau tidak itu tergantung dengan seberapa besar kerusakan seal karet yang digunakan. Sehingga, menyiapkan cadangan seal karet juga sangat perlu diperhatikan.

4. Menambahkan Lakban Elastis Pada Seal Karet

Cara mengatasi kompor gas bunyi mendesis berikutnya yaitu dengan menambahkan lakban elastis pada seal karet. Bisa dibilang, metode ini dijadikan untuk menambah elastisitas seal karet yang sudah tidak lentur. Untuk cara melakukannya yaitu kamu dapat memperhatikan berikut ini.

  1. Pertama-tama, silahkan copot regulator dari tabung gas, lalu lepaskan juga seal karet yang ada di dalamnya.
  2. Apabila sudah, ambil seal karet tersebut, lalu balutkan dengan menggunakan lakban sampai 2 atau 3 lapisan.
  3. Setelah itu, rapikan lilitan lakban yang sudah terpasang pada seal karet tersebut.
  4. Kemudian, masukkan seal karet tersebut ke dalam mulut tabung lagi dan pasang kembali regulatornya.
  5. Nah, langkah terakhir kamu perlu mengecek apakah suara mendesis dari tabung gas tersebut masih ada atau tidak.
Artikel Terkait  Mengatasi Regulator Gas Longgar dengan Mudah, Tak Perlu Panik

5. Menutup Tabung Menggunakan Kain Basah

Nah, jika tabung gas kamu mendesis disertai dengan percikan api, jangan langsung panik. Melainkan kamu harus segera mengambil langkah cepat untuk menutup tabung gas tersebut menggunakan kain yang sudah basah. Hal ini bisa menjadi langkah yang tepat untuk memadamkan percikan api serta juga mengantisipasi terjadinya tabung gas meledak.

Jadi itulah serangkaian cara untuk mengatasi kompor gas bunyi mendesis yang disebabkan karena kebocoran tabung gas. Nah, walaupun simpel untuk dilakukan, namun kamu juga perlu hati-hati untuk melakukannya. Jika memang takut untuk melakukan salah satu cara di atas, sebaiknya meminta bantuan orang terdekat yang lebih ahli. Apabila tabung gas tersebut masih saja berbunyi mendesis, kamu perlu menukarkannya dengan yang baru.

About administrator

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Enable Notifications OK No thanks