Perbedaan Kompor Listrik dan Induksi
pixabay.com

Perbedaan Kompor Listrik dan Induksi dari Berbagai Aspek yang Ada

Perbedaan kompor listrik dan induksi sering menjadi pertanyaan bagi orang yang ingin merubah suasana dapur. Kedua jenis kompor ini sebenarnya menggunakan listrik sebagai bahan bakarnya yang membuatnya sering kali sulit untuk dibedakan.

Namun, tentunya ada beberapa perbedaan antara kompor induksi dan listrik dalam hal penggunaan yang harus Anda perhatikan. Sehingga Anda tidak perlu lagi merasa bingung akan menggunakan jenis kompor apa yang cocok dan sesuai dengan tema.

Perbedaan Kompor Listrik dan Induksi
pixabay.com

Perbedaan Kompor Listrik dan Induksi dari Berbagai Penilaian

Kompor menjadi barang yang pastinya wajib dimiliki setiap rumah. Hal ini karena kompor memiliki fungsi sebagai tempat memasak. Tanpa kompor pastinya kita tidak bisa memasak di rumah. Seiring dengan berkembangnya teknologi yang pesat pada seluruh aspek kehidupan, sekarang kompor sudah tidak lagi bertenaga gas.

Karena, beberapa produsen kompor sudah banyak yang mengeluarkan kompor listrik atau induksi yang dinilai lebih praktis dan hemat. Lalu tahukan Anda apa perbedaan dari kompor listrik dengan kompor induksi yang selama ini sering Anda pertanyakan.

Cara Pemanasan

Perbedaan kompor listrik dan induksi yang selanjutnya adalah terkait bagaimana cara kerja kompor saat melakukan pemanasannya. Anda tidak perlu menyalakan api saat ingin memasak. Meskipun menggunakan jumlah daya yang sama, kedua kompor menggunakan metode pemanasan yang berbeda untuk menghantarkan panas.

Kompor induksi dapat memanaskan peralatan masak seperti panci atau wajan secara langsung menggunakan energi elektromagnetik. Sedangkan, kompor listrik menghantarkan panas melalui sumber daya listrik yang terhubung ke kompor tersebut.

Efisiensi Energi

Dari segi efisiensi energi, kompor induksi dikatakan lebih baik dari kompor listrik, karena kompor induksi lebih hemat energi dibandingkan kompor listrik. Kompor induksi menggunakan reaksi elektromagnetik untuk mentransfer panas ke makanan di dalam panci.

Artikel Terkait  Macam Macam Kompor Gas Tanam yang Ada di Pasaran

Kapasitas elektromagnetik bisa 80-90 persen, energi yang dihasilkan kompor induksi memang terbilang cukup besar. Pada saat yang sama, kompor listrik hanya dapat mencapai efisiensi energi sekitar 70 persen, cukup kecil dibandingkan kompor induksi.

Keamanan

Perbedaan kompor listrik dan induksi dari segi keamanan. Kompor induksi sebatas memanaskan partikel besi dengan benda-benda di dalamnya. Dengan demikian, risiko kebakaran bisa sangat rendah. Bahkan, kompor jenis ini juga dilengkapi berbagai fungsi otomatis yang sangat berguna.

Sementara itu, kompor listrik akan terasa sangat panas setelah selesai digunakan karena panas yang dihasilkan kompor listrik juga jauh lebih tahan lama. Oleh karena itu, bisa dikatakan kompor induksi lebih aman digunakan saat ada anak kecil di rumah.

Suhu Maksimal

Suhu maksimum yang dihasilkan oleh kompor listrik biasanya lebih tinggi daripada kompor induksi. Kompor listrik dapat mencapai suhu sekitar 393 derajat Celcius. Kompor induksi sebaliknya, hanya bisa mencapai suhu sekitar 351 derajat Celcius.

Namun, kompor induksi Anda mengubah suhu dengan cepat dari panas ke dingin, sehingga cukup aman saat digunakan. Pada saat yang sama, kompor listrik membutuhkan waktu lama untuk menjadi dingin membuat Anda harus berhati-hati ketika menggunakannya.

Harga

Perbedaan kompor listrik dan induksi adalah soal harga. Harga seringkali menjadi pertimbangan terpenting seseorang saat memilih barang apapun, termasuk kompor. Kompor induksi sedikit lebih mahal dari harga kompor listrik di pasaran, hal ini karena kualitasnya.

Pasalnya, kompor induksi jenis ini diklaim lebih awet karena menggunakan teknologi yang relatif baru, penggunaan listrik juga jauh lebih hemat. Oleh karena itu, kita harus memahami bahwa biaya membeli perapian sebanding dengan kualitas yang ditawarkan.

Artikel Terkait  Kompor Gas 1 Tungku Hock Jadi Rekomendasi, Ini Dia 5 Kelebihannya

Kecepatan Panas

Tingkat pemanasan kompor induksi dan kompor listrik juga berbeda. Kompor listrik membutuhkan waktu lebih lama untuk memanas dibandingkan dengan induksi. Karena elemen pemanas pada kompor listrik biasanya tidak menghasilkan panas yang merata.

Hal ini membuat penggunaan peralatan masak seperti panci kecil menjadi kurang efisien dibandingkan menggunakan panci besar. Berbeda dengan kompor listrik, panas yang dihasilkan oleh kompor induksi didistribusikan lebih merata dan memiliki panas yang sempurna.

Tingkat Kebisingan

Perbedaan kompor listrik dan induksi kompor listrik terkenal dengan tingkat kebisingan yang rendah karena bunyi yang dihasilkan kompor lebih halus. Sedangkan kompor induksi biasanya mengeluarkan suara yang lebih bising karena kompor ditingkatkan ke suhi tertinggi.

About administrator

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Enable Notifications OK No thanks