Mengatasi Regulator Gas Longgar
Youtube.com

Mengatasi Regulator Gas Longgar dengan Mudah, Tak Perlu Panik

Kompor menjadi peralatan rumah tangga yang fungsinya sangat penting dalam proses memasak. Kompor tidak akan berfungsi dengan sebagainya mestinya tanpa adanya gas. Selama menggunakan gas, pasti pernah menemukan permasalahan regulator gas longgar. 

Jika regulator gas tidak terpasang dengan benar atau longgar, maka yang akan terjadi adalah gas bisa bocor. Gas yang bocor atau gas mendesis saat dipakai jika tidak diatasi dengan benar gas tersebut bisa meledak. Berikut ini cara pasang regulator gas agar tidak longgar dan cara memperbaikinya. 

Tak Perlu Panik, Mengatasi Regulator Gas Longgar dengan Mudah
Youtube.com

Tak Perlu Panik Inilah Mengatasi Regulator Gas Longgar dengan Mudah 

Peristiwa kompor gas meledak lebih sering terjadi karena pemasangan kepala regulator menuju tabung gas tidak tepat. Atau bisa saja karena karet pada tabung gas yang sudah longgar. Hal ini bisa memicu gas bocor dan menyebar dalam ruangan yang kurang ventilasi udara di dapur rumah. 

Gas LPG berisi Butana atau Propana atau bisa juga perpaduan dari keduanya yang dimasukkan ke dalam tabung lalu dikompres sehingga bertekanan. Jika Anda langsung menghubungkan tabung dengan kompor tanpa menggunakan regulator terlebih dahulu. Selanjutnya yang akan terjadi adalah gas keluar dengan sangat kencang dan berbahaya. 

Regulator Jepit, Paling Mudah Dipasang, Anti Rembes

Regulator Gas Jepit

Fungsi Regulator 

Jika dilihat dari akibat yang bisa terjadi dari tidak adanya regulator dalam pemasangan gas membuat alat ini memiliki fungsi yang penting. Regulator gas akan mengatur pengeluaran gas yang ada di dalam tabung sehingga bisa aman digunakan. Tidak hanya itu saja, regulator gas juga berfungsi sebagai stabilizer untuk mengatur pengeluaran gas secara konstan. 

Artikel Terkait  5 Cara Bersihkan Tungku Kompor Gas dengan Mudah

Hal ini karena kompor memerlukan pasokan gas yang stabil untuk bisa bekerja dengan baik. Selain itu, regulator yang berkualitas baik dapat mencegah gas keluar jika terjadi putus selang atau kebocoran gas pada sistemnya. 

Tanda-tanda Kerusakan Regulator 

Karena memiliki fungsi yang penting, maka pemasangannya butuh perhatian yang lebih. Pemasangan regulator gas longgar dapat menyebabkan regulator rusak dan mengakibatkan kebocoran pada gas. Gas yang bocor dapat mengakibatkan ledakan dan kebakaran. 

Beberapa tanda-tanda pemasangan regulator yang salah adalah terdengarnya bunyi mendesis dan juga bau khas LPG yang menyengat. Pada beberapa regulator yang memiliki pengunci longgar bisa diakali dengan menggunakan pengunci regulator yang banyak dijual di pasaran. 

Beberapa ciri-ciri regulator rusak penyebab dari beberapa permasalahan, seperti mampet, terdapat kebocoran pada katup atau valve membrane, dan mekanisme penguncian yang longgar. 

Cara Memperbaiki Regulator Gas 

Terdapat beberapa faktor yang menyebabkan gas tidak dapat berfungsi dengan baik, terutamanya regulator yang longgar. Untuk permasalahan mekanisme regulator gas longgar ini bisa Anda atasi dengan membersihkan saluran regulator caranya bisa ditusuk menggunakan jarum atau sejenisnya. Bisa juga menggunakan pengunci regulator yang bisa Anda temukan di pasaran. 

Selain itu Anda juga bisa mencoba dengan mengganti karet gas pada tabung LPG. Tetapi tetap harus berhati-hati karena tindakan tersebut jika tidak dilakukan dengan benar dapat merusak regulator itu sendiri. Akan tetapi untuk permasalahan dari bagian seperti valve bocor tidak disarankan untuk Anda perbaiki mandiri karena setiap regulator gas memiliki umur pakai dan tidak didesain untuk bisa Anda perbaiki. 

Kesalahan Saat Memasang Regulator

Kesalahan saat pemasangan regulator dapat menyebabkan komponen ini mengalami kerusakan. Hal ini juga bisa menyebabkan regulator gas longgar dan tidak bisa berfungsi sebagaimana mestinya. Bisa juga muncul masalah saat kompor gas langsung dinyalakan sesaat setelah memasang regulator. 

Artikel Terkait  Merangkap Oven Sekaligus, Jadi Daya Tarik Kompor Gas Freestanding

Maka sebaiknya menunggu beberapa waktu terlebih dahulu hingga gas bisa naik ke kompor dengan sempurna. Kebiasaan saat memasang regulator yang lain seperti terburu-buru dalam memasang sehingga membuat bagian regulator menjadi rusak. 

Kerusakan pada regulator juga bisa terjadi pada bagian lapisan karet seal di tuas penguncinya. Apabila karet ini rusak, tuas tersebut juga tidak bisa berfungsi dengan normal. Tuas ini tidak dapat mengunci tabung gas dengan kencang sehingga bisa menyebabkan kebocoran gas. 

Kesimpulan 

Regulator gas longgar ini bisa terjadi oleh beberapa sebab, seperti kesalahan saat pemasangan regulator. Selain itu bisa juga terjadi karena karet pada regulator nya longgar atau tidak terpasang dengan benar. Sehingga cara untuk mengatasinya adalah dengan membeli penguncian regulator gas atau membersihkan bagian regulator agar bisa berfungsi secara normal. 

About administrator

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Enable Notifications OK No thanks