kandungan_terbaik_untuk_kulit_berminyak-removebg-preview

Rahasia di Balik Moisturizer Terbaik untuk Menangani Kulit Berminyak

Kulit berminyak – adalah salah satu jenis kulit yang membutuhkan perawatan khusus, termasuk dalam pemilihan moisturizer atau pelembap. Moisturizer berfungsi untuk menjaga kelembapan dan hidrasi kulit, serta mengunci nutrisi dari produk skincare lainnya. Kulit berminyak juga membutuhkan moisturizer untuk mengontrol produksi sebum atau minyak alami kulit yang berlebihan.

Namun, tidak semua moisturizer cocok untuk kulit berminyak. Ada beberapa kandungan yang harus dihindari dan ada beberapa kandungan yang direkomendasikan untuk kulit berminyak. Berikut ini adalah kandungan pada moisturizer yang baik untuk kulit berminyak.

Rahasia di Balik Moisturizer Terbaik untuk Menangani Kulit Berminyak

Bahan dasar air

Bahan dasar air

Moisturizer untuk kulit berminyak sebaiknya memiliki bahan dasar air atau water-based. Bahan dasar air biasanya memiliki tekstur yang ringan dan cepat meresap ke dalam kulit tanpa meninggalkan rasa lengket atau berat.Bahan dasar air juga tidak akan menyumbat pori-pori atau menimbulkan komedo dan jerawat.

Turunan silicone

Turunan silicone

Turunan silicone adalah bahan yang sering digunakan dalam moisturizer untuk kulit berminyak. Turunan silicone memiliki kemampuan untuk mengontrol minyak dan memberikan efek matte atau tidak berkilau pada kulit.Turunan silicone juga termasuk non-comedogenic atau tidak menyumbat pori-pori.

Contoh turunan silicone adalah dimethicone, cyclomethicone, cyclopentasiloxane, dan lain-lain. Biasanya, bahan ini terdapat di urutan awal daftar kandungan produk.

Hyaluronic acid

Hyaluronic acid

Hyaluronic acid adalah bahan yang dapat menarik dan menahan air hingga 1000 kali lipat dari beratnya sendiri. Hyaluronic acid dapat memberikan hidrasi yang intens dan tahan lama pada kulit tanpa membuatnya berminyak.Hyaluronic acid juga dapat meningkatkan elastisitas dan kekenyalan kulit.

Aloe vera

aloe vera

Aloe vera adalah bahan alami yang memiliki banyak manfaat untuk kulit, termasuk kulit berminyak. Aloe vera dapat melembapkan, menenangkan, menyembuhkan, dan mencegah iritasi pada kulit.Aloe vera juga memiliki sifat anti-inflamasi dan anti-bakteri yang dapat membantu mengatasi jerawat.

Squalane

Squalane

Squalane adalah bahan yang mirip dengan sebum alami kulit. Squalane dapat melembapkan dan melindungi kulit tanpa membuatnya berminyak atau lengket.Squalane juga dapat membantu menghaluskan tekstur kulit dan mencegah penuaan dini.

Squalane biasanya berasal dari tumbuhan seperti zaitun, gandum, atau tebu. Jangan salah dengan squalene, yang berasal dari hati ikan hiu dan cenderung tidak stabil.

Itulah kandungan pada moisturizer yang baik untuk kulit berminyak. Selain memperhatikan kandungan tersebut, kamu juga harus memilih moisturizer dengan label non-comedogenic, oil-free, dan fragrance-free untuk menghindari iritasi pada kulit. Jangan lupa untuk selalu mencoba produk terlebih dahulu di area kecil kulit sebelum menggunakannya secara rutin.

About Dherta Elisabeth

x