Cara Merawat Kompor Listrik
istockphoto.com

Cara Merawat Kompor Listrik Secara Rutin Agar Tetap Berfungsi Optimal

Cara merawat kompor listrik membutuhkan langkah yang benar dan tepat agar tidak merusak komponen kompor tersebut. Perawatan kompor listrik dengan kompor gas tentu saja akan berbeda cara perawatannya. Maka dari itu, Anda memang perlu  berhati-hati ketika membersihkannya jenis kompor satu ini.

Kompor listrik akan mudah tergores dan terkena noda ketika Anda pergunakan untuk memasak. Sehingga hal ini akan mengharuskan Anda untuk memberikannya. Kompor listrik atau induksi sekarang mulai banyak orang meminatinya guna kebutuhan rumah tangga. Apalagi demi memenuhi kegiatan memasak di rumah.

Selain praktis bentuknya yang modern pun tampak cocok untuk berbagai desain dapur. Meskipun begitu, kompor jenis induksi juga meski terkena noda masakan. Sehingga jika Anda tidak langsung bersihkan akan membuat kompor kotor dan lama-kelamaan bisa merusak komponennya.

Cara Merawat Kompor Listrik
istockphoto.com

Cara Merawat Kompor Listrik yang Benar

Untuk merawat kompor listrik memang mesti Anda lakukan dengan benar dan baik. Hal ini untuk mengantisipasi agar komponen kompor tidak rusak. Kompor listrik ini biasanya terbuat dari kaca atau keramik.

Bagian kompor inilah yang cukup rawan akan tergores dan mudah terkena noda. Apalagi jika kompor tidak digunakan dengan baik. Lama kelamaan nanti permukaan kaca kompor akan retak dan pecah.  Hal ini menjadi tantangan tersendiri bagi Anda dirumah untuk merawat kompor induksi.

Berikut beberapa cara merawat kompor listrik dengan benar.

1.Perhatikan Kebersihan Panci

Artikel Terkait  Cara Menyalakan Kompor Gas Kecil Portabel dengan Benar

Cara pertama untuk merawat kompor induksi adalah memperhatikan kebersihan panci. Sebab, noda hitam tersebut bisa meninggalkan jejak permanen pada permukaan kompor. Jika terdapat noda yang membandel, Anda bisa membersihkan panci dengan menggunakan beberapa bahan ada di dapur. Seperti baking soda, garam, jeruk nipis, dan lainnya.

2.Hindari Peralatan Masak Terlalu Berat

Untuk mencegah keretakan pada kompor, Anda pun perlu memperhatikan berat peralatan dan kapasitas masakan. Pastikan juga Anda tidak meletakan peralatan masak berbahan kaca yang masih panas ke atas kompor listrik ini.

3.Hindari Peralatan Masak Berbahan Kasar

Terdapat beberapa jenis bahan alat masak perlu Anda hindari untuk kompor induksi. Hal ini juga termasuk salah satu cara merawat kompor listrik dengan benar. Misalnya saja panci atau penggorengan dari besi tempa berat atau acs iron.Sebab, peralatan masak tersebut mempunyai permukaan kasar bisa memudahkan kompor terkena goresan. Bukan hanya itu, alat masak dari keramik atau tanah liat yang tidak dipoles halus juga berisiko merusak pada permukaan kompor.

4.Cuci Bagian Bawah Alat Masak

Ketika mencuci perlengkapan dapur, sebaiknya Anda jangan melewatkan bagian bawah penggorengan, panci, atau teko. Apalagi jika bagian bawah alat masak sudah mulai hitam. Sebab, bekas lemak, minyak atau arang yang ada pada bagian bawah alat masak bisa meninggalkan noda permanen di atas kompor apalagi jika jarang dibersihkan.

5.Jangan Menaruh Wadah Kaca Di Atas Permukaan Kompor Listrik

Jika Anda selesai memanggang makanan dalam tempat kaca di oven, sebaiknya jangan menaruh di atas permukaan kompor listrik untuk mendinginkannya. Hal itu bisa membuat permukaan kompor listrik mudah retak dan pecah. Jika terdapat tempat guna menaruh tempat panas, maka letaknya kain atau serbet tebal diatas kompor sebelum menaruh wadahnya. Lakukan ini sebagai cara merawat kompor listrik dengan benar.

Artikel Terkait  Cara Agar Kompor Gas Irit, Ikuti 7 Langkah Mudahnya!

6.Mengikuti Petunjuk Penggunaan

Mengikuti petunjuk penggunaan tentu harus Anda perhatikan dan terapkan. Pasti akan memahami cara pengoperasian dan perawatan sesuai petunjuk buku. Pasalnya, tidak semua tipe kompor listrik induksi mempunyai petunjuk sama.

Beda dengan kompor gas atau minyak yang cara perawatan dan pengoperasiannya hampir sama. Pastikan Anda sudah membaca buku petunjuk penggunaan. Buku ini biasanya ada pada kemasan kompor. Hal ini untuk menghindari terjadinya malfungsi yang bisa saja membahayakan keselamatan pengguna kompor.

7.Gunakan Alat Kebersihan Lembut

Permukaan mengkilap kompor induksi pada umumnya terbuat dari bahan keramik atau kaca. Sehingga akan mudah terkena goresan. Oleh sebab itu, gunakan kain berbahan lembut seperti microfiber dan cairan pembersih khusus kompor untuk membersihkannya. Untuk cara membersihkannya pun tentu harus dilakukan dengan benar. Jangan sampai Anda membersihkan permukaan kompor dengan kasar, karena akan mengakibatkan keretakan pada kompor listrik.

8.Perhatikan Material Alat Masak

Hindari menggunakan panci dan wajan terbuat dari bahan kasar. Sebaiknya peralatan masak terbuat dari bahan aluminium, stainless steel, atau keramik. Namun untuk kompor induksi, pastikan memilih alat masak dengan dilengkapi magnet supaya bisa berfungsi secara baik.

Cara merawat kompor listrik di atas harus Anda terapkan dan lakukan agar kompor terawat dengan baik tidak mudah rusak. Lakukan perawatan kompor listrik secara rutin dan membersihkannya setiap kali habis memasak supaya kompor tetap awet dan tetap berfungsi optimal.

About administrator

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Enable Notifications OK No thanks