Cara Memasang Gas Portable
pexels.com

Cara Memasang Gas Portable dengan Tepat, Lakukan 8 Langkah Ini!

Cara memasang gas portable memang perlu Anda lakukan dengan tepat. Salah satu alat memasak yang harus ada di dapur setiap rumah yakni kompor. Terdapat banyak jenis kompor, salah satunya yakni kompor portable. Jenis kompor ini yang bisa Anda bawa kemana-mana.

Kompor portable ini banyak orang gunakan saat sedang berkemah maupun saat melakukan aktivitas pada ruangan terbuka. Tak hanya itu saja, kompor ini juga bisa ditemukan di restoran dengan konsep all you can eat (buffet) dengan menggunakan self-cooking sebagai layanannya.

Ada alasan penggunaan kompor portable kini sudah banyak digunakan untuk berbagai keperluan memasak. Kompor ini memiliki desain yang minimalis, ringan, fungsinya yang praktis, serta fleksibel karena mudah dibawa kemana saja. Oleh karena itu, membuatnya menjadi pilihan memasak anti ribet dan ringkas. Bahkan cara menyalakan kompor portable ini juga terbilang mudah.

Cara Memasang Gas Portable
pexels.com

Inilah 8 Cara Memasang Gas Portable

Kini tidak bisa dihindari jika kompor portable sudah banyak digunakan dalam berbagai aktivitas, baik di luar ruangan, maupun di dalam ruangan. Penggunaan kompor ini memang anti ribet tanpa membutuhkan pemasangan selang regulator gas. Bahkan bisa menjadi teman memasak untuk segala aktivitas dan menghemat pengeluaran dapur.

Gas portable yang mudah ditemukan di mana saja memberikan kemudahan, namun penggunaannya yang terbilang mudah. Meski belum tentu juga mudah untuk dalam penerapannya. Bagi Anda yang baru memiliki kompor jenis ini atau bercita-cita ingin memilikinya. Mungkin masih merasa bingung dan khawatir mengenai cara menyalakan kompor portable yang lebih mudah dan juga aman. Berikut ini adalah langkahnya.

Artikel Terkait  Jenis Kompor Gas Terbaik, Maksimalkan Aktivitas Memasak!

Persiapkan Kompor Portable dan Gas Portable 

Saat ini cara memasang gas portable yang perlu Anda lakukan yakni dengan mempersiapkan peralatan terlebih dahulu. Persiapkan kompor portable dan gas portable yang akan Anda pergunakan untuk memasak.

Pastikan Gunakan Produk di Ruangan Terbuka

Pemakaian kompor portable harus Anda lakukan di ruangan terbuka yang terdapat ventilasi udara yang cukup. Hal ini untuk menghindari pengumpulan senyawa gas dalam ruangan dan kecelakaan kerja. Sehingga pastikan untuk meletakkannya pada tempat yang tidak tertutup agar aman.

Jauhkan dari Bahan Mudah Terbakar 

Selain memindahkan pada ruangan terbuka dengan ventilasi cukup, pastikan di sekitar kompor portable tidak ada bahan mudah terbakar. Hal ini untuk membantu meminimalisir resiko terjadinya kebakaran kecil saat memasak.

Buka Katup Tempat Penyimpanan Gas Portable 

Setelah memastikan cara memasang gas portable sudah berjalan dengan benar, selanjutnya dengan memastikan knop penekan gas dan knop pemantik api dalam posisi “off”. Setelah itu, Anda bisa buka katup tempat penyimpanan gas portable.

Pasang Gas Portable

Setelah katup tempat penyimpanan terbuka, Anda bisa pasang tabung gas sesuai dengan tempatnya. Jika kompor portable yang Anda miliki masih menggunakan tipe lama, maka lepaskan penutup tabung gas portable dari tabungnya. Kemudian pasang tabung gas portable pada bagian samping kompor. Pastikan posisi pemasangan tabung sudah sesuai petunjuk penggunaan serta rapat.

Tekan Knop Penekan Ke Posisi “lock” 

Jika tabung gas portable sudah terpasang dengan benar serta rapat pada tempat penyimpanannya, kemudian tutup kembali katup tempat penyimpanan gas portable. Langkah berikutnya, pastikan posisi knop penekan ke posisi “lock”.

Cek Apakah Kompor Portable Mengeluarkan Api 

Setelah gas portable terpasang dengan aman, cara memasang gas portable selanjutnya dengan mengecek apakah kompor portable bisa mengeluarkan api. Jika, kompor tersebut memiliki kran gas untuk mengatur kecil-besarnya api, Anda bisa putar kran gas hingga terdengar suara gas.

Artikel Terkait  Kenali dengan Benar, Ciri-Ciri Pengunci Regulator Gas Rusak

Selanjutnya, teruskan dengan memutar atau menekan pemantik kompor portable. Jika pemantik di kompor portable rusak dan tidak bisa mengeluarkan api. Hal yang bisa dilakukan dengan menggunakan korek api untuk membuat kompor portable bisa menghasilkan api.

Gunakan Kompor Sesuai Keperluan dan Siap Memasak 

Setelah semua cara tersebut sudah dilakukan dengan runtut, kemudian kompor portable bisa digunakan untuk memasak di segala aktivitas. Pastikan menggunakannya sesuai dengan kebutuhan. Jika kompor portable sudah selesai digunakan, jangan lupa untuk memutar atau menekan kembali kran gas. Cara ini untuk mematikan saluran gas sehingga kompor portable tidak menyala kembali.

Cara memasang gas portable perlu dipahami dengan benar. Pastikan pemasangannya sudah benar dan aman sehingga bisa memasak dengan tenang.

About administrator

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Enable Notifications OK No thanks