Kompor Gas Infrared, Kompor Gas Modern untuk Masak Lebih Cepat
qhomemart.com

Kompor Gas Infrared, Kompor Gas Modern untuk Masak Lebih Cepat

Kompor gas infrared menjadi salah satu jenis kompor yang banyak beredar di pasaran. Pasalnya kegiatan memasak adalah kegiatan yang biasa dilakukan. Terutama pada ibu rumah tangga. Sehingga kegiatan tersebut tidak lepas dengan media pembakar yang ada, seperti halnya penggunaan kompor. Penggunaan kompor dalam kegiatan memasak begitu penting untuk mengolah berbagai macam jenis masakan. Untuk itu, dengan memilih kompor yang baik bisa memberikan hasil masakan yang efisien dengan proses yang begitu cepat. Berikut ini ulasan mengenai jenis kompor gas.

Kompor Gas Infrared, Kompor Gas Modern untuk Masak Lebih Cepat
qhomemart.com

Apa Itu Kompor Gas Infrared?

Salah satu jenis kompor gas yang memakai teknologi pembakaran secara canggih dengan memanfaatkan radiasi infra red untuk mekanisme pembakarannya. Dengan begitu, kegiatan masak memasak bisa Anda lakukan dengan lebih aman, lebih bersih, lebih efisien dengan memakai kompor jenis tersebut.

Untuk jenis kompor yang satu ini mempunyai kelebihan yaitu bisa memusnahkan zat aktif yang berbahaya. Contohnya seperti karbon monoksida, nitrat oksida menjadi zat aktif pemicu adanya penyakit kanker yang keluar dari tungku kompor.

Bukan hanya itu aja, kompor gas ini juga bisa memaksimalkan pembakaran yang berasal dari tabung gas yang keluar. Maka pembakaran yang terjadi menjadi lebih sempurna.

Dalam hal ini bisa terjadi karena jenis kompor gas infrared bisa mencapai tingkat termal yang lebih tinggi. Bahkan bisa mencapai 69%. Maka untuk daya konsumsi kompor infrared menjadi lebih rendah.

Terlebih ha tersebut akan berdampak pada waktu ketika memasak. Dengan kompor yang bekerja akan menghasilkan suhu tinggi yang lebih cepat dengan otomatis panas yang akan dihasilkan bisa lebih cepat pula. Proses masak tidak akan membutuhkan waktu yang lama.

Artikel Terkait  Macam-Macam Kompor Camping, Ringan dan Tidak Makan Tempat!

Pasalnya kompor jenis ini memiliki sedikit perbedaan dengan kompor gas lainnya. Apabila kompor gas biasa mempunyai mekanisme dengan melakukan pembakaran gas yang dipancing menggunakan percikan api dari pemantik listrik. Sementara untuk kompor inframerah meskipun sama-sama memakai gas, akan tetapi untuk mengkonsumsi gas memakai inframerah. Dalam artian, kompor infrared tidak memancarkan api sama seperti kompor gas biasa.

Cara Kerja Kompor

Pada cara kerja jenis kompor gas satu ini dengan mengubah pembakaran yang berasal dari gas panas menjadi radiasi infrared. Mekanisme tersebut dipercaya bisa menghemat gas sampai 40%, apabila dibandingkan dengan penggunaan kompor gas biasa.

Dilansir dari hunker, infrared sendiri menghasilkan radiasi elektromagnetik dengan panjang gelombang lebih panjang dari cahaya yang tampak. Pastinya gelombang tersebut tidak bisa terlihat oleh mata manusia, akan tetapi bisa dirasakan panasnya. Adapun fakta menariknya yaitu semua panas adalah hasil dari radiasi infrared.

Fitur Dalam Kompor

Kompor gas infrared menjadi salah satu kompor modern serta memakai komponen yang khusus dengan menggunakan inframerah untuk mekanisme cara kerjanya. Pembakaran yang nantinya dihasilkan akan menghasilkan panas menjadi lebih cepat maka proses pemasakan bisa dilakukan dengan cepat pula. Terdapat tempat papan yang khusus yang bisa menghantarkan suhu cukup tinggi sampai kurang lebihnya 1000 derajat. Papan tersebut juga yang menjadi media penghantar panas infrared ke wajan pemanasan.

 

About administrator

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Enable Notifications OK No thanks