Cara Agar Kompor Gas Irit
Pixabay.com

Cara Agar Kompor Gas Irit, Ikuti 7 Langkah Mudahnya!

Cara agar kompor gas irit, menarik untuk Anda ketahui! Kompor gas merupakan alat masak yang mulai populer sejak tahun 2010 silam. Kala itu, pemerintah membagikan kepada masyarakat secara gratis, sekaligus dengan tabung gas melonnya.

Tujuannya, untuk menjadi subtitusi kompor manual, akibat mulai langkanya minyak tanah di Indonesia. Hingga kini, kompor gas semakin eksis menemani masyarakat di dapur. Bahkan sepertinya, tidak ada satupun yang belum memiliki alat satu ini di rumah.

Cara Agar Kompor Gas Irit
Pixabay.com

Ini Dia Cara agar Kompor Gas Irit, Mudah dan Praktis!

Di tengah kesuksesan kompor gas dalam masyarakat ternyata mampu menimbulkan dampak tersendiri. Penggunaan gas yang semakin tinggi, membuat tagihan pembelian LPG kian melambung. Apalagi, harga isi ulang gas juga sering mengalami kenaikan.

Karena itu, Anda perlu bijak dalam menggunakannya supaya lebih efektif. Berikut ini cara agar kompor gas irit yang bisa Anda terapkan di rumah.

1. Memilih Selang yang Berkualitas

Tidak banyak orang tahu, jika kualitas selang ternyata bisa berpengaruh pada kapasitas pemakaian gas itu sendiri. Mengingat gas bersifat menekan ke segala arah, maka pastikan selang yang Anda pakai memiliki kualitas baik.

Selang berkualitas umumnya memiliki tekanan 500 psi. Jika kurang dari itu, kemungkinan besar menjadi mudah kendor dan memicu kebocoran. Sehingga gas di dalam tabung akan terbuang sia-sia.

Artikel Terkait  Cara Praktis Mengatasi Kompor Gas Bunyi Mendesis

Upayakan memilih selang yang lentur, tebal, dan berbahan karet asli. Pastikan juga selang sudah memenuhi standar keselamatan untuk digunakan.

2. Memasang Regulator dengan Tepat

Cara agar kompor gas irit selanjutnya yakni memasang regulator dengan pas. Sebelum memasang, pastikan regulator yang akan Anda pakai juga berkualitas. Seperti terbuat dari material kuat, sehingga tahan karat dan awet. Sama seperti memilih selang, regulator juga perlu berstandar yang baik.

Menambahkan pengait regulator ketika memasang gas akan jauh lebih baik. Alat tambahan ini mampu menjamin pemasangan regulator yang semakin erat dan tidak longgar. Umumnya terbuat dari bahan plastic maupun plat besi. Umumnya masyarakat memilih yang bahan besi, karena kekuatannya jauh lebih baik.

Ketika meninggalkan rumah dalam waktu lama, sebaiknya Anda mencabut regulator dari tabung. Hal tersebut bertujuan untuk menghindari kebocoran gas. Selain itu juga untuk menjamin keselamatan dari bahaya kebakaran.

3. Memakai Alat Masak yang Cepat Panas

Memilih alat masak yang cepat panas, ternyata juga bisa menjadi salah satu cara agar kompor gas irit. Ketika memasak, pilihlah wajan maupun panci yang efektif menghantarkan panas.

Sehingga kemampuan mematangkan masakan juga menjadi lebih cepat. Perabot rumah tangga yang mudah panas terbuat dari stainless steel.

4. Membersihkan Kompor Secara Teratur

Kebersihan kompor gas tidak boleh dianggap remeh. Pasalnya, lubang kompor yang kotor bisa mengakibatkan api tidak keluar secara maksimal. Seperti menjadi lebih rendah, dan tidak bisa berwarna biru. Jika Anda tidak rutin membersihkannya, gas yang terus-terusan keluar menjadi terbuang dan boros.

Waktu yang tepat untuk membersihkan kompor gas paling tidak 2 bulan sekali. Jika ingin hasilnya lebih baik, lakukan 1 bulan sekali. Selain membersihkan bagian luar kompor, jangan sungkan untuk memeriksa saluran tungkunya juga.

Artikel Terkait  Kelebihan dari Kompor Gas 3 Tungku dan Tips Memilihnya!

5. Setel Api agar Tetap Stabil

Cara agar kompor gas irit berikutnya yaitu memastikan kestabilan api, sehingga tidak menyala terlalu besar. Selain untuk menghemat gas, api yang terlalu besar berisiko tinggi mematikan nutrisi dan vitamin dari masakan. Karena itu, lebih baik memakai api kecil ketika mengolah bahan makanan.

6. Perhitungkan Bahan Makanan Secara Tepat

Salah satu hal yang membuat gas semakin boros yakni komposisi bahan makanan tidak sesuai. Misalnya, menumis sayur dengan air yang terlalu banyak. Selain hasil olahan menjadi tidak maksimal, kadar air di dalamnya juga sulit berkurang. Alhasil waktu memasak menjadi lebih lama, dan gas juga semakin banyak keluar.

7. Memakai Panci Presto

Tips satu ini memang sedikit unik, namun nyatanya cukup efektif membantu Anda dalam menghemat gas. Uap bertekanan dari panci presto bisa membuat masakan matang lebih cepat. Apalagi jika Anda memasak daging maupun bahan lainnya yang sulit empuk. Sehingga penggunaan gas bisa lebih hemat.

Nah, itu tadi uraian cara agar kompor gas irit, yang bisa Anda coba di rumah. Semoga tips ini bermanfaat!

About administrator

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Enable Notifications OK No thanks