Cara Membersihkan Sumbu Kompor Gas
unsplash.com

Cara Membersihkan Sumbu Kompor Gas dengan 6 Langkah

Tidak semua orang tahu cara membersihkan sumbu kompor gas yang tepat. Seperti membersihkan sumbu kompor pada umumnya, cara sederhana ini dapat menghemat penggunaan gas. Dengan catatan mengetahui bagaimana teknik membersihkan yang tepat.

Sumbu kompor gas yang jarang dibersihkan akan memicu masalah baru. Terlebih bila Anda sering mengolah masakan berkuah yang mengandung lemak dan minyak. Wajar apabila tungku dan bagian sumbu kompor menjadi mudah kotor.

Salah satu masalah akibat sumbu kompor gas kotor adalah nyala api menjadi berwarna merah. Bila sudah demikian, menjadikan durasi memasak terasa lama karena suhu dari nyala api merah kurang memadai.

Akibatnya akan membuat konsumsi gas boros. Belum lagi semua perkakas dapur, seperti wajan dan panci akan menjadi hitam. Bila sudah demikian, Anda sendiri yang rugi bukan? Oleh karena itu luangkan waktu sejenak untuk membersihkan sumbu tersebut.

Cara Membersihkan Sumbu Kompor Gas Paling Efektif
unsplash.com

Cara Membersihkan Sumbu Kompor Gas dengan Mudah dan Cepat

Bila mencari perabot dapur yang sering dipakai, sudah pasti kompor jawabannya. Oleh karena itu wajar apabila mudah kotor. Oleh karena itu jangan lupa membersihkannya selepas pemakaian.

Namun, rutin membersihkannya saja belum cukup. Anda harus tahu bagaimana teknik membersihkannya yang tepat, khususnya di bagian sumbu kompor atau bunner.

Bagian ini berfungsi sebagai tempat keluarnya api. Bila membersihkannya asal, akan berpotensi merusak atau nyala api menjadi tak wajar. Bila selama ini belum tahu teknik membersihkan sumbu kompor gas yang tepat, silahkan simak ulasan berikut.

Artikel Terkait  Cara Membersihkan Kompor Gas Agar Tak Keropos, Ternyata Simpel

Siapkan Alat

Persiapan alat untuk membersihkan sumbu kompor gas antara lain adalah sikat gigi atau sikat baju yang sudah tak terpakai, baskom atau toples bekas, cairan pembersih lantai, busa kawat untuk cuci piring, sabun cuci piring, alkohol 70%, dan sarung tangan karet. Pastikan semua persiapan telah tersedia barulah memulai tahap membersihkan sumbu kompor gas.

Pisahkan Burner dari Bodi Kompor Gas

Silakan pisahkan burner dari bodi kompor. Pastikan sudah melepasnya dengan benar sehingga tetap aman. Letakkan sumbu kompor gas ke baskom atau wadah yang telah Anda siapkan tadi.

Rendam dengan Pembersih Kamar Mandi

Pakailah sarung tangan sebagai antisipasi terjadinya iritasi. Barulah tuangkan cairan pembersih kamar mandi ke wadah yang tai Anda pakai untuk meletakkan sumbu kompor gas.

Tambahkan sedikit air dan pastikan semua bagian burner terendam dengan baik. Biarkan pembersih lantai bekerja selama kurang lebih 5-10 menit.

Bilas dengan Alkohol

Setelah melalui proses perendaman, angkat sumbu kompor kemudian lanjutkan dengan tahap pembilasan. Gunakan alkohol sebagai cairan pembilasnya. Tujuannya adalah untuk menetralisir zat asam yang terdapat pada cairan pembersih lantai tadi.

Sikat Sumbu Kompor Gas

Setelah proses perendaman dan membilasnya dengan alkohol, lanjutkan dengan membersihkan bagian burner menggunakan sabun cuci piring. Ambil wadah lainnya, kemudian buatlah larutan sabun cuci piring untuk merendam sumbu kompor gas. Rendam lagi selama 5 menit.

Setelah itu, teteskan sabun cuci piring ke permukaan sumbu, kemudian sikat hingga bersih. Semakin telaten menyikatnya maka kotoran akan hilang bahkan tidak ada karat lagi yang menempel di burner.

Anda juga bisa mengandalkan busa kawat yang biasa digunakan untuk mencuci piring. Meski tak seperti baru tetapi sumbu kompor pasti lebih bersih.

Artikel Terkait  Cara Memasang Gas Elpiji yang Susah Menyala, Ada 6 Tips Mudah

Bilas dan Keringkan

Cara membersihkan sumbu kompor gas paling akhir adalah membilas dengan air bersih. Lanjutkan dengan tahap pengeringan. Gunakan lap bersih dan keringkan sumbu kompor hingga kering sempurna.

Selanjutnya, pasang kembali ke bodi kompor. Cobalah untuk menyalakan kompor. Jika api yang menyala berwarna merah, lakukan pengecekan lebih detail lagi. Atau mungkin memang sudah waktunya mengganti sumbu kompor gas dengan yang baru.

Selain bagian sumbu, Anda juga harus rutin membersihkan komponen kompor gas yang lain. Misal pada bagian tungku, bodi, dan selang.

Rutin membersihkan sumbu kompor gas setiap 2 atau 3 bulan sekali akan membuat kompor gas kesayangan awet tahan lama, bahkan hingga 10 tahun.

Kini sudah tahu bukan bagaimana cara membersihkan sumbu kompor gas yang benar. Pastikan Anda melakukan setiap tahapannya dengan benar sehingga performa kompor tetap baik.

About administrator

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Enable Notifications OK No thanks