Cara Membersihkan Kompor Gas
unsplash.com

Cara Membersihkan Kompor Gas Agar Tak Keropos, Ternyata Simpel

Cara membersihkan kompor gas harus dipahami dengan baik supaya panjang umur. Penggunaan kompor gas hampir setiap hari, wajar apabila mudah menjadi kotor.

Bahkan tak menutup kemungkinan akan timbul kerak sehingga sulit dibersihkan. Namun, tidak boleh menyerah dengan kondisi ini. Usahakan tetap membersihkan kerak membandel tersebut. Ini bila Anda ingin kompor menyala dengan api biru sehingga lebih hemat energi.

Cara Membersihkan Kompor Gas
unsplash.com

Cara Membersihkan Kompor Gas Termudah Hasil Maksimal

Kompor adalah peralatan dapur yang wajib ada dalam kondisi baik. Jika sesuatu terjadi pada alat masak ini maka aktivitas perdapuran akan terganggu. Salah satu cara merawatnya adalah selalu memastikan kompor dalam kondisi bersih. Ini sudah lebih dari cukup. Kotoran akan membuat komponen kompor menjadi keropos dan rusak.

Sebenarnya, tak perlu ngoyo membersihkan kompor gas milik Anda. Cukup bersihkan kompor setiap selesai dipakai. Gunakan cairan khusus pembersih kompor atau sitrun. Keduanya mudah Anda temukan. Kini tinggal membangun niat Anda untuk rutin membersihkannya.

Bila terlanjur kondisi kompor berkerak sehingga kesulitan membersihkannya, Anda bisa menyimak panduan sederhana berikut ini.

Persiapkan Alat

Sebelum mulai membersihkan kompor, sebaiknya mempersiapkan terlebih dahulu segala keperluannya. Ini bertujuan agar proses membersihkan bisa berjalan lancar tanpa kendala.

Adapun persiapan tersebut meliputi air panas, wadah berukuran besar sebagai tempat merendam komponen kompor, asam sitrat, sabun cuci piring, sikat gigi bekas, lap bersih, spon, dan cairan khusus pembersih kompor.

Nantinya, akan ada tahap melepaskan komponen kompor dari bodi. Kemungkinan Anda juga membutuhkan beberapa peralatan tukang seperti obeng. Ada baiknya juga menyiapkan sebelum memulai proses membersihkan kompor.

Artikel Terkait  Cara Menyalakan Kompor Gas Kecil Portabel dengan Benar

Mulailah Melepas Ring dan Selang Kompor Gas

Bila semua persiapan peralatan telah siap, silakan melanjutkan ke tahap melepaskan komponen. Ada beberapa bagian kompor yang harus Anda lepaskan dari bodi kompor seperti selang dan ring. Gunakan obeng untuk membantu melepaskan selang.

Berbeda hal dengan bagian ring yang pada umumnya bisa Anda lepaskan begitu mudah dari atas tungku, sehingga tidak perlu menggunakan alat.

Namun, ada juga beberapa ring kompor yang melekat pada tungku. Jika kompor gas Anda model demikian, bacalah petunjuk untuk membersihkannya. Bila ada, cari petunjuk untuk melepaskan ring supaya proses membersihkan kompor lebih optimal.

Beberapa komponen lain yang harus dilepaskan dari bodi kompor adalah cover penutup dan tatakan kompor.

Tahap Perendaman

Masukkan seluruh komponen kompor ke dalam wadah yang telah Anda siapkan sebelumnya. Gunakan air panas serta larutan sabun cuci piring untuk merendamnya.

Waktu perendaman adalah sekitar 2-4 jam supaya noda dan kerak membandel hilang sempurna. Supaya hasilnya maksimal, gunakan air perasan jeruk nipis, baking soda, atau asam sitrat ke dalam air panas.

Pada tahap perendaman usahakan kerangka kompor berada di posisi rata. Hal ini sebagai upaya pencegahan agar air jangan sampai masuk ke lubang-lubang kecil yang terdapat di bagian tungku.

Bila lubang sampai kemasukan air, imbasnya api kompor tidak bisa keluar ketika Anda hendak menggunakannya. Selain lubang tungku, jangan lupa untuk menutup bagian kepala tabung setelah Anda melepas selangnya.

Sikat dan Gosok Menggunakan Spon

Biasanya noda dan kerak membutuhkan waktu beberapa saat agar luntur dengan sendirinya. Supaya hasilnya maksimal, gunakan sikat bekas sebagai cara membersihkan sisa noda dan kerak yang masih menempel di kompor gas. Sikat bagian komponen secara keseluruhan tanpa terkecuali.

Artikel Terkait  Cara Membersihkan Sumbu Kompor Gas dengan 6 Langkah

Cek Ulang

Proses perendaman selama 20-30 menit tidak menjamin semua noda dan kerak membandel terangkat sempurna. Oleh karena itu, silakan cek lagi pada beberapa bagian komponen apakah semua noda dan kerak telah hilang.

Bila masih ada, lanjutkan dengan cara menggosoknya. Gunakan cairan larutan asam sitrat agar kerak copot dari komponen kompor gas.

Tahap Pengeringan

Cara membersihkan kompor gas selanjutnya adalah gunakan lap kering yang bersih untuk mengelap komponen. Angin-anginkan komponen supaya kering sempurna sebelum meletakkannya kembali ke tempatnya. Usahakan semua komponen yang tadi Anda rendam benar-benar kering.

Atur dan Tata Kembali

Bila telah kering, barulah Anda bisa memasangnya kembali menjadi kompor gas utuh. Perhatikan ketika Anda memasang kembali selang atau regulator gas.

Apakah Anda memiliki cara membersihkan kompor gas yang lebih praktis? Apapun cara yang Anda pakai pastikan hasil akhirnya kompor gas kinclong sehingga tampak seperti baru.

About administrator

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Enable Notifications OK No thanks